Tag

Baik postingan saya kali ini tentang synopsis sebuah novel puffin classics asal inggris yang saya temukan di perpustakaan kampus, kenapa saya memilih buku ini ?? sebenarnya alasannya singkat saja selain karena sampulnya yang menarik perhatian, judul dari buku ini juga mengingatkan saya kepada salah satu drama korea, hehe….maklum saja saya ini salah satu penggemar drama korea.
Tapi berhubung karena telah terlanjur baca , akhirnya saya tertarik dengan alur dan cara penokohan buku ini….walaupun saya agak merasa kesulitan karena novel yang saya baca seluruhnya ditulis dalam bahasa inggris.
Dan semoga dapat menjadi referensi anda dalam memilih novel…selamat membaca.

Author : Frances Hodgson Burnett
Publisher : Penguin Group
Plot : Advance
Title : The Secret Garden
Character : Mary lennox, Dickon Sowerby, Martha Sowerby, Ben Weatherstaff, Colin Archibald, Mr. Archibald Craven, Robin.
Novel ini bercerita tentang seorang gadis kecil keturunan India bernama Mary Lennox yang sejak lahir tumbuh dan besar tanpa kasih sayang kedua orang tuanya, ia selalu saja merasa kesepian walupun hidup di tengah keluarga yang berkecukupan. Ayahnya adalah seorang pegawai yang memegang posisi penting dibawah Pemerintahan Inggris sedangkan ibunya Maria Lennox adalah seorang wanita cantik yang setiap harinya hanya sibuk menghibur diri dengan berpesta dan bersenang-senang. Mary adalah anak yang tidak pernah diinginkan oleh kedua orang tuanya maka ketika lahir ia diserahkan kepada “Ayah” untuk mengasuhnya dan diminta untuk menjauhkan Mary dari mereka bahkan mereka tidak mau sedikit pun mendengar tangisan Mary.
Wajar saja jika kini ia tumbuh menjadi gadis kecil yang sering sakit-sakitan, masam, sinis, egois, dan manja karena ia tidak pernah sedikit pun merasakan hangat dan indahnya kasih sayang dari sebuah keluarga. Dan setiap harinya ia hanya dapat bertemu para pengasuh yang selalu menemani Mary belajar membaca dan menulis, namun sayangnya tidak ada satupun dari sekian banyak pengasuh Mary yang dapat bertahan lebih dari 3 bulan karena kebanyakan mereka merasa tidak tahan dengan sikap dan perilaku Mary.
Hingga pada suatu hari ia tiba-tiba menjadi yatim piatu dikarenakan sebuah peristiwa besar dimana masyarakat desa tempat Mary tinggal diserang wabah kolera yang mematikan , yang juga merenggut nyawa seluruh keluarga Mary. Sebagian masyarakat desa meninggal dan sebagiannya lagi melarikan diri termasuk para pelayan dikediaman rumah Mary, sampai tidak ada seorang pun yang ingat bahwa masih ada gadis kecil yang hidup dirumah itu.. Beruntunglah Mary dapat diselamatkan oleh seorang perwira yang pada saat itu sedang mengevakuasi masyarakat kota dan tidak sengaja mendengar tangisan Mary dari dalam rumahnya.
Dan setelah kejadian itu kini Mary hidup sebatang kara, Ia pun terpaksa pindah kerumah salah seorang pamannya yaitu Mr. Archibald Craven yang tinggal di Misselthwaite Manor, Yorkshire, Inggris. Rumah klasik yang amat besar dan mewah yang kira-kira memiliki seratus kamar semua pintunya terkunci rapat, dan hanya ditinggali oleh beberapa orang saja, namun ketika Mary menjejakan kakinya dirumah itu ia merasa ada hal aneh yang tersembunyi dari rumah itu .
Dan dirumah itulah Mary bertemu dengan Martha Sowerby seorang pelayan rumah tangga, ia banyak bercerita tentang kehidupannya sebagai seorang pelayan pribumi dan banyak mengajarkan Mary tentang rasa kepedulian terhadap orang lain, sehingga lambat laun membuat hati Mary mulai luluh dan sedikit melunak.. Martha yang bertahun-tahun melayani keluarga Mr. Archibald ternyata mengetahui rahasia tentang kebun kesayangan milik almarhumah Mrs. Craven dan saat Mary mencoba menanyakan tentang kebun misterius yang ia temui, Martha sedikit pun tidak berani menceritakan semua hal itu kepada Mary.
Mr Archibald yang kaya itu dulu memiliki istri yang manis, ceria dan amat cinta pada tanaman. Sang istri pernah memiliki sebuah taman mawar yang asri di belakang rumah mereka. Setiap hari almarhum istrinya itu akan duduk di taman mawar dan merawat setiap bunga dan tumbuhan dengan penuh cinta. Hingga akhirnya ia meninggal dunia setelah melahirkan putra mereka.
Sejak saat itu Mr Archibald amat sangat berduka dengan kepergian istrinya, ia pun mulai menutup diri sekaligus menutup taman itu selama-lamanya tanpa membiarkan seorang pun masuk, dan mengacuhkan putra mereka yang masih bayi, ia karena menganggap bahwa si bayi itulah yang menyebabkan istrinya meninggal. dan karena itu pulalah kini ia sering berpergian. Untuk menghilangkan kesedihannya dan meninggalkan kastil Misselthwaite dibawah tanggung jawab dibawah pengurus rumah tangga yang kaku, Mrs. Medlock.

Pada suatu hari, Mary yang tak punya teman dan kesepian berjalan-jalan di kebun nan luas dan bertemu dengan salah seorang tukang kebun bernama Ben Weatherstaff. Dari beliaulah Mary mendengar bahwa ada sebuah taman rahasia yang telah tertutup selama 10 tahun dan kuncinya tersembunyi entah dimana. Selain itu pada malam harinya kadang Mary juga mendengar suara tangisan anak kecil yang meraung-raung dari tempat yang jauh,entah dari mana asalnya sontak hal ini membuat Mary menjadi semakin ingin tahu dan menemukan jawabann
Ketika Mary sedang asyik bermain disekitar taman, tanpa sengaja robin melihat benda aneh yang muncul dari galian tanah, sepertinya itu adalah sebuah cincin dari besi atau kuningan yang sudah berkarat, ternyata benda itu adalah kunci tua yangdtampakltelahoterkuburllama,dalam hatinya Mary berharap itu adalah itu kunci dari kebun rahasia yang selama ini ia cari atau paling tidak kunci tersebut mampu membuka salah satu pintu dari ratusan pintu yang terkunci. Sebuah misteri itulah yang menggerakkan hati Mary untuk berusaha membuka dandmenemukanljawabannya.
Akhirnya tak berapa lama setelah Mary mendapatkan kunci tersebut ia pun berhasil menemukan jalan menuju kebun rahasia tersebut, saat sedang beristirahat di sekitar taman belakang. Tanpa berfikir panjang Mary mencoba memutar pegangan pintu tersebut, dengan mudah dapat terbuka seketika. kini ia mendapati dirinya telah berada di dalam sebuah taman yang dipenuhi dengan sulur-sulur mawar yang bertautan satu sama lain dan pohon-pohon besar yang tidak terurus. meski tak terawat taman itu ternyata cukup indah. Mungkin justru karena keliarannya lah yang membuatnya semakin eksotis.
Pertama kali Mary menemukan kebun itu ia langsung merasa ada suatu hal besar yang harus ia lakukan untuk semua bunga dan pohon-pohon itu. dan ajaibnya, taman itu mampu membawa perubahan pada diri Mary. Ia menjadi lebih bahagia, dan itu turut mengubah sifatnya yang sinis, egois dan manja. Sedikit demi sedikit Mary tumbuh menjadi anak yang bahagia dan normal., ia ingin merubah taman mawar itu indah seperti semula.
Dan Disinilah muncul Dickon Sowerby , seorang anak laki-laki berusia 3 tahun lebih tua dari Mary, yang merupakan adik dari Martha Sowerby, ia memiliki kemampuan berkomunikasi dengan binatang dan amat mencintai alam. Selain itu Dickon bisa dibilang anak yang sempurna, banyak orang yang mencintai dan menyanginya, mungkin karna sifatnya yang periang. Dickon juga satu-satunya orang yang mengetahui rahasia Mary dan bekerja keras membantu Mary membangun kebun rahasia tersebut dan menjaganya agar tidak ada orang yang mengetahuinya.
Tepat disuatu malam tangisan aneh itu terdengar lagi tanpa pikir panjang Mary pun bertekad mencari tahu asal suara itu. Maka sampailah Mary tepat didepan kamar suara itu berasal. ia memberanikann diri untuk masuk dan di tempat itu berbaring anak laki-laki yang sedang menangis, ternyata ia adalah Colin Archibald anak tunggal dari Mr Archibald yang selama ini dikurung dan disembunyikan keberadaanya selama hampir 10 tahun lamanya bahkan saking bencinya Mr Archibald melarang setiap pelayannya membicarakan hal ini.
Sudah sejak lahir Colin hanya mampu berbaring ditempat tidur karena ia percaya jika keluar dari kamar maka ia akan meninggal. Mary dan Colin kini menjadi menjadi teman, terutama ketika Mary menyebutkan tentang keberadaan taman rahasia yang membuat Colin bertekad untuk keluar dari kamarnya. Dengan dibantu Dickon, Colin mulai belajar dari rumah itu untuk petama kali dalam hidupnya. Tapi ketiganya masih merahasiakan keberadaan taman rahasia kepada siapapun kecuali
Ben Weatherstaff yang sering mengintip kedalam taman dengan menggunakan tangga. Bersama-sama mereka membangun kembali taman yang dulu dilupakan agar keberadaannya menjadi tidak dirahasiakan lagi. Selama hidupnya Colin selalu merasa sakit , ia takut jika meninggalkan kamarnya ia akan meninggal dunia. tapi menurut Mary ia sakit karna Colin percaya dirinya sakit. Sedangkan bagi Mary, Colin tidak kelihatan sakit. Benar ia lemah, tapi karena Colin jarang keluar dari rumah dan tidak pernah berlama-lama diluar ruangan. Berkat du kungan dari Mary akhirnya kini Colin memiliki semangat lagi untuk sembuh. Tampaknya Colin mulai menyukai dunia barunya, bersamaa teman barunya Mary dan Dickon

Mary, Dickon dan Colin kini bekerja sama untuk membangun kembali taman itu. Hal ini ternyata mampu memberikan energy yang positif bagi kesehatan Colin yang dari hari-kehari semakin membaik. Tanpa sadar keberadaan Colin kini mulai diketahui oleh seluruh penghuni rumah itu. Mr Archibald yang telah menyadari hal itu nampaknya tidak bisa menampik kenyataan ini dan menceritakan semua hal yang ia rahasiakan selama ini tentang Colin dan taman rahasia

Awalnya ketika pertama kali Mr.Archibald mengetahui akan perubahan yang terjadi pada tamannya, ia begitu amat marah karena ia pernah memperingatkan bahwa tidak ada seorang pun yang boleh memasuki kebun itu, namun sekarang kenyataannya ada orang yang berani memasuki taman tersebut tanpa seizinnya. Akan tetapi setelah ia tahu bahwa yang menanami, merubah dan merawat taman itu adalah Mary, Dickon dan juga Colin, Mr. Archibald sepertinya mulai sadar bahwa seharusnya ia tidak terlarut akan masa lalu, dan ternyata taman rahasia itu mampu memberikan perubahan besar terhadap Colin anak semata wayangnya, sekarang ia lebih bisa menghargai hidup dan hal yang ia lakukan sekarang terhadap taman itu merupakan salah satu bentuk rasa cintanya terhadap almarhun ibunya.

Keajaiban taman itu akhirnya ini dapat menyatukan kembali Mr Archibald dan Colin. untuk pertama kalinya Colin bisa merasakan hangatnya kasih sayang seorang ayah yang selama ini ia impikan. Dan Mary pun kini memiliki keluarga baru yang seutuhnya.

Iklan